Bisnis Aman

Mobil

Penyebab Ac Mobil Bau, Cara Mengatasi, Dan Biayanya

Penyebab Ac Mobil Bau, Cara Mengatasi, Dan Biayanya
Pernahkah kamu mencium aroma tak sedap dari air conditioner (AC) mobil? Ini bisa terjadi pada mobil yang sudah lama digunakan. Untuk mengatasi AC mobil bau

Detail Produk

Pernahkah kamu mencium aroma tak sedap dari air conditioner (AC) mobil? Ini bisa terjadi pada mobil yang sudah lama digunakan. Untuk mengatasi AC mobil bau, kamu perlu lebih dulu memahami apa saja kemungkinan penyebabnya. 

Bau tidak sedap yang keluar dari AC mungkin saja berbeda-beda di setiap mobil. Ini tergantung pada faktor penyebab yang memicu bau tersebut. 

Penyebab AC mobil bau

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan aroma AC mobil jadi tidak sedap. Berikut ini beberapa faktor tersebut. 

1. Bau akibat freon yang sudah mau habis

Freon adalah senyawa kimia yang sering digunakan pada pendingin ruangan, termasuk di AC mobil. Setelah lama digunakan, freon pada AC mobil juga bisa berkurang.

Freon yang hampir habis bisa memicu AC mobil menjadi bau apek. Biasanya, kondisi ini juga akan diikuti dengan gejala lain, seperti suhu AC yang menjadi tidak dingin. 

2. Bau dari penumpukan jamur di evaporator

Evaporator merupakan salah satu bagian dari AC mobil yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara guna mengurangi hawa panas di mobil. Terkadang, penumpukan jamur pada evaporator bisa menyebabkan bau. 

Pertumbuhan jamur terjadi karena evaporator pada AC mobil sudah lembab. Kelembaban terjadi karena uap yang dihembuskan keluar melalui AC sesekali akan menempel di evaporator

Secara khusus, jamur akan menimbulkan bau pesing di AC mobil. Bau pesing ini biasanya akan tercium ketika mesin mobil mulai dinyalakan. 

3. Bau karena kerusakan tangki bensin

Terkadang, aroma tidak sedap yang keluar dari AC mobil bau bisa saja berupa aroma bensin. Jika bau yang keluar dari AC mobil adalah bau bensin, maka kemungkinan ada kerusakan pada tangki bensin. 

Misalnya ada tutup pada tangki bensin yang sudah kendor, menyebabkan cairan dan aroma bensin bisa keluar dengan mudah. Ketika mobil dinyalakan, bau bensin ini akan semakin tercium dan bisa juga tersebar melalui AC mobil. 

Bau bensin ini bisa juga disebabkan oleh tumpahan bensin yang ada di dalam mobil. Biasanya ini terjadi setelah mobil dibawa ke bengkel dan teknisi secara tidak sengaja menumpahkan bensin di bagian dalam mobil. 

4. AC mobil berbau karena asap knalpot

Mungkin kamu juga pernah mencium bau asap knalpot pada AC mobil. Biasanya ini terjadi ketika kamu sedang berkendara dekat dengan truk atau kendaraan lain yang mengeluarkan banyak asap. 

Asap knalpot dari luar mobil bisa saja terkena ke komponen mobil. Akibatnya, bau tersebut juga akan masuk ke mesin pendingin dan menyebabkan aroma tak sedap dari AC mobil. 

5. AC mobil bau gosong karena overheat

Setelah digunakan dalam waktu yang lama, mesin AC mobil bisa mengalami overheat. Ini bisa menyebabkan bau gosong yang tidak sedap. 

Kondisi overheat akan menyebabkan kerusakan pada oli kompresor. Bau gosong ini akan semakin parah apabila oli kompresor tidak segera diganti. 

6. Bau asam dari parfum mobil yang sudah lama

Terkadang, AC mobil juga bisa mengeluarkan aroma asam yang tidak mengenakkan. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan AC mobil bau asam, salah satunya karena parfum yang sudah lama.

Parfum mobil berfungsi untuk mengharumkan bagian dalam mobil. Tapi, jika parfum yang dipakai sudah terlalu lama, maka aromanya bisa berubah menjadi bau. 

Selain itu, bau asam juga bisa disebabkan oleh kabin yang kotor. Debu dan kotoran yang menempel pada kabin juga bisa memengaruhi aroma tidak sedap pada AC mobil.

7. Bau bangkai atau kencing tikus karena kotoran

Penumpukan kotoran pada kabin bukan hanya bisa menyebabkan bau asap, tetapi juga bau bangkai atau bau kencing tikus yang tercium dari AC mobil. 

Jika mencium aroma seperti ini, kamu tidak perlu panik. Bau bangkai atau bau kencing tikus tidak selalu menandakan ada tikus yang bersembunyi di dalam mobilmu. 

Bau tidak sedap seperti ini bisa keluar apabila mobil sudah kelewat kotor, khususnya pada bagian kabin dan mesin-mesin mobil. 

Cara mengatasi AC mobil bau

Sebenarnya, cara menghilangkan bau tidak sedap pada AC perlu disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Secara garis besar, jika ingin menghilangkan bau pada AC, berikut ini langkah yang bisa dilakukan. 

Isi freon dengan yang baru

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, freon AC yang hampir habis akan menyebabkan mobil bau apek. Untuk mengatasinya, segera isi freon dengan yang baru. 

Biaya mengganti freon AC mobil biasanya tidak terlalu mahal, berkisar antara Rp100-400 ribu. Freon yang baru diganti biasanya akan bertahan hingga bertahun-tahun. 

Rajin menjaga kebersihan

Beberapa orang mengira bahwa bagian luar mobil lebih penting untuk dibersihkan. Padahal, jika bagian dalam tidak dibersihkan dengan benar juga akan menimbulkan ketidaknyamanan.

Jika tidak ingin AC mobil menjadi berbau, kamu perlu memastikan untuk selalu membersihkan kabin serta evaporator. Apabila sulit menjangkau evaporator, gunakan vacuum cleaner atau penyedot debu. 

Kemudian, jangan biarkan bekas makanan menempel pada bagian dalam mobil. Segera bersihkan dengan tisu basah agar tidak meninggalkan bau. 

Tidak berlebihan menggunakan parfum mobil

Pemakaian parfum mobil yang berlebihan juga bisa memicu AC mobil bau asam dan apek. Apalagi jika parfum sudah dipakai dalam waktu lama dan tidak diganti.

Parfum mobil juga memiliki masa kadaluarsa. Perhatikan tanggal kadaluarsa parfum yang digunakan. Jika sudah melewati tanggal tersebut, bisa-bisa mobil jadi berbau tidak sedap. 

Jangan merokok di dalam mobil

Ini merupakan salah satu solusi yang terpenting. Asap rokok bisa menempel pada kabin mobil, membuatnya menjadi kotor dan menyebabkan AC mobil bau saat baru dinyalakan. 

Hindari merokok di dalam mobil apabila kamu aroma di dalam mobil tetap nyaman. Dengan tidak merokok di dalam mobil, kamu juga sudah melakukan upaya untuk menjaga kebersihan bagian dalam mobilmu. 

Biaya perawatan dan perbaikan AC mobil

Sebenarnya, biaya perawatan dan perbaikan AC mobil bau di setiap bengkel akan berbeda-beda. Ini juga ditentukan oleh jenis mobil, penyebab bau, dan tingkat keparahan kerusakan. 

Jika ingin mengganti freon, biayanya berkisar antara Rp100-400 ribu. Sementara, jika ingin membersihkan bagian dalam AC mobil bau, biayanya dimulai dari Rp100-150 ribu.

Untuk mengganti mesin AC yang bukan hanya bau, tetapi juga mati, biayanya akan lebih mahal, sekitar Rp500 ribu hingga Rp2 juta. 

Rekomendasi bengkel AC mobil di Jakarta

Kalau kamu merasa tidak bisa mengatasi kerusakan pada AC mobil sendiri, maka gunakanlah jasa profesional dengan membawa mobil ke bengkel. Ada beberapa bengkel AC mobil bau yang bisa didatangi di Jakarta. 

Bengkel AC Mobil di Jakarta Barat

Nama Bengkel Alamat
Setia Karya AC Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua Raya No.88 H, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, 11550
Victory Jaya AC Jl. Meruya Ilir Raya No.16, Meruya Utara, Kembangan, Kota Jakarta Barat, 11650
Tjandra Tjemerlang Jl. Panjang No.61, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, 11520
Lin Karya Jl. Meruya Selatan No.88, Meruya Selatan, Kembangan, Kota Jakarta Barat, 11620

Bengkel AC Mobil di Jakarta Selatan

Nama Bengkel Alamat
Bagus AC Mobil JL. Patal Senayan 4 B, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, 12210
Mulia Abadi Technic Service AC Jl.Terogong III No.18, Cilandak Barat, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, 12430
ADS Bengkel AC Mobil Khusus jalan Haji Nawi Raya no. 2 Jakarta Selatan, Jakarta, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, 12420
Mang YADI AC Mobil Jl. H. Arsyad No.54, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, 12210

Bengkel AC Mobil di Jakarta Pusat

Nama Bengkel Alamat
Bengkel AC Mobil CK Jalan Biak No. 5KL, Cideng, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, 10150
Krekot AC Mobil Jl. Samanhudi No.7, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, 10710
Panca Jaya Bengkel AC Mobil Jl. Samanhudi No.75, Pasar. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, 11160
Prima Jaya AC Drives Jl. Bungur Besar Raya no 37 B, Gunung Sahari Selatan, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, 10610

Bengkel AC Mobil di Jakarta Utara

Nama Bengkel Alamat
Mandiri AC Pasar Mobil Kemayoran Blok S No.88, Pademangan Timur, Pademangan, Kota Jakarta Utara, 10620
Fujiyama AC Mobil Pasar Mobil Blok.E No.52, Mega Glodok Kemayoran, Jalan Landas Pacu Barat No.B6, Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Pademangan Timur, Jakarta Utara, 10610
Mulia Jaya AC Pasar Mobil Kemayoran, Jl. Industri Raya No.28, Pademangan Tim., Pademangan, Kota Jakarta Utara, 10620
Wijaya AC Mobil Sunter Jl. Danau Sunter Utara No.11, Sunter Agung, Tj. Priok, Kota Jkt Utara, 14350

Bengkel AC Mobil di Jakarta Timur

Nama Bengkel Alamat
Sugih Jaya AC Jl. Utan Kayu Raya No.44, Utan Kayu Utara, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, 13120
Service AC Mobil Quickly Jl. H. Naman RAYA No.57, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, 10430
Bengkel AC Mobil Mitra Mandiri Pasar Otomotif, Duren Sawit, East Jakarta City, Jakarta 13470
Bengkel AC Mobil Angin Sejuk Jl. Buaran Raya No.5E, Klender, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, 13470