Bisnis Aman

Mobil

Informasi Penuh Bengkel Mobil Service Ac Bengkel Mobil Terbaik Terdekat Terbaru

Informasi Penuh Bengkel Mobil  Service Ac Bengkel Mobil Terbaik Terdekat Terbaru
Bengkel mobil terdekat biasanya menjadi alternatif pilihan bagi pengendara yang menginginkan harga servis mobil dengan biaya yang murah dengan kualitas terbaik.

Detail Produk

Bengkel mobil terdekat biasanya menjadi alternatif pilihan bagi pengendara yang menginginkan harga servis mobil dengan biaya yang murah dengan kualitas terbaik.

Maka tak jarang, banyak orang yang beralih untuk memperbaiki mobil ke bengkel mobil terdekat biasa ketimbang bengkel resmi yang mematok harga yang lebih mahal.

Walaupun demikian, kami menyarankan Anda untuk tetap melakukan servis kendaraan di bengkel resmi. Akan tetapi, jikalau Anda memang lebih nyaman dan sudah menemukan bengkel terpercaya yang memiliki harga yang lebih murah. Itu menjadi pilihan yang tepat.

Karena selain Anda dapat memangkas budget servis di bengkel mobil terdekat, Anda pun bisa menikmati harga murah dalam jangka waktu yang panjang. Dan kami akan memberikan informasi mengenai bengkel di area Bogor yang terpercaya dan memiliki ulasan dan review yang baik, sebagai berikut.

Jika mobil anda sedang bermasalah di Bekasi dan anda sedang mencari bengkel mobil terdekat di Bekasi yang rekomended. Kami mempunyai beberapa daftar bengkel mobil di Bekasi dengan pelayanan 24 jam dan bisa panggilan. Yuk mari disimak.

Bengkel mobil terdekat adalah tenaga ahli yang bertugas memperbaiki kerusakan dan menjaga kualitas performa permesinan, terutama mesin mobil dan motor. Para montir ini biasanya bekerja di bengkel untuk memperbaiki kendaraan. 

Namun pekerjaan seorang montir lebih luas dari itu sebagaimana konsep kerja dan komponen permesinan sangat kompleks. Nah saat kamu datang ke bengkel untuk mendapatkan layanan jasa servis mobil, sering kali kita dihadapkan kepada berbagai istilah bengkel yang asing di telinga awammu.

Kalau sudah begitu, kita cenderung merasa tidak mau direpotkan dan menyerahkannya begitu saja semua kepada urusan montir. Kita berharap biarkan pakarnya yang menyelesaikan dan kita tinggal bayar.

Memang tidak ada salahnya seperti itu kalau kita mendatangi bengkel resmi atau bengkel langganan yang sudah terpercaya.

Namun jika kita terpaksa harus datang ke sebuah bengkel bukan langganan karena tiba-tiba ada masalah mesin di tengah jalan maka sebaiknya kita perlu paham juga dengan istilah-istilah tertentu dari montir di bengkel mobil tersebut.

Tujuan utama dari hal ini adalah agar kita tidak dipermainkan soal biaya servis mobil yang dikenakan pada nantinya.

Bengkel Mobil Terdekat

Nah oleh karena itu, mari kita pelajari apa makna di balik istilah-istilah bengkel mobil terdekat dan bahasa montir yang kerap diucapkan oleh montir mobil supaya kita paham tingkat urgensinya.

1. Overheating

Pernah melihat kap mesin ngebul? Ya, itu ciri-ciri mobil yang mengalami overheating. Insiden ini terjadi karena kondisi temperatur mesin melebihi batas maksimalnya.

Idealnya, suhu mesin berada di antara 82 derajat celcius hingga 93 derajat celcius. Nah, suhu mobil di atas 100 derajat celcius dipastikan mengalami overheating.

Penyebabnya macam-macam. Bisa karena sistem pendinginan mesin tidak bekerja sempurna atau air radiator sudah habis. Anda bisa melakukan service ac mobil di bengkel mobil terdekat.

2. Mesin ngelitik

Mendengar suara-suara ganjil saat menginjak gas dan dibarengi dengan akselerasi mobil yang terasa lebih lambat? Biasanya montir mobil dan orang di bengkel mobil terdekat akan menyebutnya dengan istilah mesin ngelitik.

Istilah ini dipakai untuk menjelaskan terjadinya knocking yang menimbulkan suara ketukan pada saat mesin berputar pada kondisi tertentu.

Contohnya, suara ini muncul pada saat pemakaian perseneling gigi tinggi, tapi tidak didukung oleh pertambahan kecepatan mobil yang signifikan. Service ac mobil.

Pemicu mesin knocking bisa jadi dari buruknya kualitas BBM, pengapian yang kotor, dan/atau setelan mesin yang kurang pas.

3. Tune Up

Umumnya saat mobil diperiksa, kita diminta untuk menunggu. Beberapa saat kemudian montir datang, lalu berkata, “Mobilnya perlu di tune up.”

Apa maksudnya tune up? Kalau montir menyebut kata tune up, berarti dia ingin menyampaikan upaya penanganan untuk mengembalikan stamina mesin.

Komponen yang diutak-atik montir saat tune up antara lain sistem pengapian, bahan bakar, pengecekan filter oli dan udara, penggantian pelumas.

Oh ya, tune up di bengkel mobil terdekat keluaran terkini yang sudah dilengkapi ECU atau Electric Circuit Unit lebih difokuskan pada pengecekan kinerja komponen mesin berdasarkan analisis perangkat lewat sistem yang sudah terkomputerisasi.

Bila hasil analisis ECU menyatakan tidak ada masalah pada mesin, maka seharusnya mesin mobilmu tidak membutuhkan penanganan tune up maupun service ac mobil.

Jadi jika montir di bengkel mobil terdekat bersikeras untuk melakukan tune-up pada mesinmu, lebih baik kamu tunda saja untuk menghemat pengeluaran.

Bengkel AC mobil alias alat pendingin ruangan sudah menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari sebuah kendaraan. Alat yang membuat suhu di dalam kabin menjadi lebih sejuk ini menjadi sangat krusial ketika kita harus mengendarai mobil di tengah terik matahari.

Bayangkan jika Anda harus mengendarai mobil melalui padat dan panasnya kota besar seperti Jakarta tanpa menggunakan bengkel AC mobil. Wah, pasti serasa berada di dalam sauna bukan?

Keluar dari mobil dalam kondisi basah karena keringat tentu tidak elok dipandang. Karena itulah, di setiap mobil dapat dipastikan ikut dipasang perangkat pendingin ini.

Sayangnya, bagi sebagian orang, perhatian terhadap bengkel AC mobil masih kalah jauh dibanding mesin atau alat-alat pendukung lainnya. Umumnya, para pemilik mobil baru memeriksakan AC mobil saat mengalami masalah. Tidak melakukan service rutin seperti halnya mesin yang sudah punya jadwal khusus untuk ganti oli mesin, service pengapian, service injektor atau karburator, dan lain sebagainya.

Seperti halnya mesin mobil, bengkel AC mobil juga harus mendapat perawatan secara berkala. Tidak harus menunggu ketika bermasalah baru dibawa ke bengkel. Melakukan service rutin merupakan salah satu cara agar AC mobil kita bisa lebih awet. Selain tentu saja untuk menekan biaya service AC jika dilakukan secara berkala.

Sebelum mendatangi bengkel service AC yang ada di dekat tempat tinggal atau yang direkomendasikan teman, ada baiknya pahami dulu bagian-bagian dari AC mobil. AC mobil terdiri dari beberapa komponen penting yang terpisah namun menjadi satu kesatuan dalam menghasilkan suhu adem di dalam kabin, antara lain:

1.Kompresor
2.Evaporator
3.Expansion valve
4.Kondensor
5.Filter Dryer

Kelima komponen itulah yang menunjang kinerja AC mobil. Salah satu komponen mengalami masalah atau rusak maka kerja AC mobil pun tidak akan maksimal. Bahkan ada kalanya untuk mengetahui kerusakan salah satu komponen harus melakukan pemeriksaan secara keseluruhan. Item per item.

Lalu, berapa lama waktu ideal bengkel AC mobil harus sudah melakukan service? Pada dasarnya, service AC mobil ada dua tipe pengerjaan.

1. Basic Service

Pertama adalah basic service di bengkel ac mobil. Tipe service ini dilakukan ketika mobil sudah menempuh 10.000 sampe 20.000 km atau sekitar satu tahun.

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan yang selalu menggunakan AC dalam kondisi apapun, sebaiknya setelah mencapai 10.000 km segera melakukan service di bengkel ac mobil. Beda perlakuannya bagi yang tinggal di wilayah dengan tingkat kemacetan yang cukup rendah.

Bagi mereka yang tinggal di pedesaan boleh saja baru melakukan service rutin di bengkel ac mobil setelah mobil menempuh 20.000 km. Perbedaan ini berpatokan pada kerja AC mobil yang lebih berat ketika berada di perkotaan yang pasti akrab dengan kemacetan.

Untuk tipe basic service di bengkel ac mobil biasanya dilakukan pemeriksaan dan perawatan pada kompresor di bengkel ac mobil. Seperti mengganti oli dan membersihkan kotoran yang menempel. Lalu mengganti Receiver Dryer dan Filter Kabin. Dua komponen ini Tidak bisa diperbaiki karena sifatnya yang memang hanya sekali pakai.

2. Advance Service

Tipe service kedua adalah Advance Service di bengkel ac mobil. Jika basic service dilakukan sekitar satu tahun sekali, untuk advance service baru dilakukan setelah mencapai waktu dua tahun. Tentu saja, item yang diservice juga lebih banyak. Di antaranya melakukan perawatan kompresor, Evaporator, dan kondensor. Selain itu juga ada penggantian pada Expansion Valve, Receiver Dryer, dan Filter Kabin di bengkel ac mobil.

Karna lebih banyak item yang harus mendapat perhatian dan perawatan saat di bengkel ac mobil, proses pengerjaan advance service ini tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Sangat mungkin bisa mencapai 4 jam untuk menyelesaikan pemeriksaan dan perawatan AC di bengkel ac mobil. Bergantung dari ringan atau beratnya masalah yang ternyata dialami setiap komponen yang menjalani perawatan di bengkel ac mobil.

Bagaimana dengan biaya? Nah, bagi Anda yang memiliki mobil-mobil buatan Jepang boleh sedikit tersenyum. Pasalnya, rata-rata bengkel ac mobil akan mematok biaya service yang lebih murah untuk mobil buatan Jepang dibanding Eropa. Kalau service AC mobil Jepang berada di kisaran 300.000 rupiah sampai 700.000 rupiah, untuk mobil Eropa setidaknya membutuhkan dana 1,2 juta rupiah sampai 3 juta rupiah.

Service di bengkel jakarta ini meliputi perawatan Evaporator, pembersihan blower dan Condensor dengan waktu pengerjaan sekitar 2 jam. Seluruh komponen diturunkan dan dibersihkan dengan lebih detail. Lalu AC mobil di bengkel jakarta mendapatkan flushing treatment dengan menggunakan mesin komputerisasi (mesin lax) tanpa bongkar komponen hanya dengan waktu sekitar 1 jam – harga jasa isi freon Rp.200,000. Jadi service AC mobil bisa kelar tanpa bongkar.

Mobil Eropa ada juga di bengkel jakarta memang punya sistem pendingin yang lebih kompleks dibanding mobil Jepang. Teknik dan alat di bengkel jakarta yang dibutuhkan pun lebih banyak. Tidak heran, tidak semua bengkel jakarta AC mobil bisa menangani mobil-mobil Eropa. Kerumitan proses perawatan di bengkel jakarta itulah yang membuat biaya service AC mobil Eropa menjadi lebih mahal di bengkel jakarta.

Harga atau biaya service AC mobil di bengkel jakarta ini terbilang sangat relatif. Karna setiap bengkel jakarta di daerah berbeda punya ukuran atau patokan masing-masing dalam menentukan harga jasa mereka di bengkel jakarta. Selain tentu saja juga berdasarkan kemampuan dan alat yang dimiliki setiap bengkel jakarta.

Itu baru hitungan biaya jasa service saja di bengkel jakarta. Belum termasuk sparepart besar yang harus diganti seperti kompresor atau Evaporator. Sebagai acuan, harga AC Mobil Denso tidak kurang dari 2,5 juta rupiah untuk kompresor saja di bengkel jakarta.

Tapi umumnya bengkel service AC mobil di bengkel jakarta sudah memasukan biaya pergantian freon kalau memang harus diisi ulang. Bisa karena harus dilakukan pembuangan saat melakukan service atau memang ada kebocoran di salah satu komponen dari sistem AC mobil di bengkel jakarta.

Berbicara mengenai freon, ada bengkel-bengkel jakarta nakal yang setiap ada pemilik mobil di bengkel jakarta yang akan men-service AC mobilnya selalu dibilang freonnya habis di bengkel jakarta. Padahal, freon seharusnya tidak habis atau hilang kalau sistem AC mobil kita tidak ada yang bocor. Hal ini dilakukan bengkel nakal untuk memaksa pemilik mobil mengisi ulang freon di bengkel jakarta.

Karena sistem AC mobil bersifat tertutup bengkel jakarta. Dengan kata lain freon yang berfungsi membuat dingin tersebut terus mengalir dan berputar dari sejak didorong dan balik lagi ke kompresor bengkel jakarta.

Kalau memang freon AC mobil habis menurut bengkel jakarta, dapat dipastikan ada kebocoran di sistem pendingin mobil Anda di bengkel jakarta. Bisa jadi ada kebocoran di pipa saluran, kompresor, atau Evaporator di bengkel jakarta. Sebaiknya kebocoran tersebut sudah diketahui dan diperbaiki lebih dahulu sebelum melakukan pengisian ulang freon di bengkel jakarta.

Selain service AC mobil secara umum di bengkel jakarta, Anda juga bisa melakukan service per komponen cek di bengkel jakarta. Tergantung komponen mana yang harus dirawat atau diperbaiki. Atau malah harus dilakukan penggantian karena komponen tersebut mengalami kerusakan yang cukup berat menurut bengkel jakarta.

Menurut bengkel jakarta Seperti halnya kompresor. Komponen utama dari sistem AC mobil ini punya beberapa tipe perawatan, antara lain:

1.Penggantian oli di bengkel jakarta. Perawatan ini dilakukan agar komponen kecil seperti piston bisa tetap bekerja dengan baik dan tidak mudah terkikis kata bengkel jakarta. Oli yang sudah jelek tidak mampu melumasi piston yang bisa berakibat piston menjadi panas dan kompresor tidak bekerja maksimal. Melakukan flushing terhadap kompresor dengan mesin lax butuh dana sekitar Rp700 ribu.

2.Melakukan pergantian spare part seperti seal di bengkel jakarta, thrust bearing, soe, dan shaft seal. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp475 ribu. Dengan catatan piston, noken as, dan silinder piston,  tidak rusak / terkikis kata bengkel jakarta.

3.Penggantian magnetic clutch di bengkel jakarta. Keluhan pada magnetic clutch umumnya yang sering dikeluhkan pemilik mobil di bengkel jakarta adalah AC kadang panas kadang dingin. Komponen ini tidak bisa direparasi, harus ganti yang baru, harganya mulai dari Rp380 ribuan di bengkel jakarta.

Untuk kondensor cara perawatannya di bengkel jakarta lebih mudah, karna tinggal disemprot air saja agar kotoran yang menempel rontok di bengkel jakarta. Tapi jika mengalami mampet, harus dikuras dengan menggunakan freon berjenis R11 dan Nitrogen (n2). Biayanya mulai dari Rp 175 ribu ujar bengkel jakarta.

Ketika dicek di bengkel jakarta ternyata kondensor mengalami kebocoran, solusi terbaik hanya menggantinya dengan yang baru di bengkel jakarta. Pasalnya, kondensor yang sudah bocor umumnya mengalami korosi kata teknisi bengkel jakarta. Harga kondeser baru tergantung jenis mobilnya, harganya mulai dari 500 ribu rupiah di bengkel jakarta.

Nah, dua komponen berikutnya sebaiknya langsung dilakukan penggantian di bengkel mobil terbaik jika terindikasi mengalami kerusakan. Keduanya adalah Receiver Dryer dan Expansion Valve. Harga Receiver Dryer berbeda setiap mobil, paling murah Rp90 ribu di bengkel mobil terbaik. Sementara harga Expansion Valve mulai dari sekitar Rp200 ribu di bengkel mobil terbaik.

Komponen lain yang tidak bisa diperbaiki adalah fanbelt dan extra fan di bengkel mobil terbaik. Jika ada bengkel mobil terbaik AC yang menawarkan jasa perbaikan extra fan sebaiknya ditinggal saja. Karena efek samping nya jika fan kembali rusak malah akan membuat komponen lain menjadi masalah dan untuk fanbelt jika sudah pecah namun tetap di akalin apabila putus dijalan malah akan membuat mobil menjadi mogok. Harga sebuah fanbelt AC mulai dari 40 ribu rupiah sementara extra fan paling murah Rp300 ribu di bengkel mobil terbaik.

Kemudian perawatan Evaporator di bengkel mobil terbaik tidak jauh berbeda dengan kondensor. Kalau memang sudah ada yang bocor menurut bengkel mobil terbaik sebaiknya langsung diganti yang baru saja ujar bengkel mobil terbaik. Sebagai contoh harga Evaporator untuk Daihatsu Xenia berkisar Rp 900 ribu di bengkel mobil terbaik. Sementara Evaporator Toyota Kijang Kapsul mulai Rp800 ribu di bengkel mobil terbaik.