Bisnis Aman

Mobil

Bengkel Ac Mobil Recommended Di Jabodetabek Dan Biayanya

Bengkel Ac Mobil Recommended Di Jabodetabek Dan Biayanya
Ada banyak bengkel AC mobil recommended yang bisa kamu pilih untuk mengatasi AC mobil kamu yang bermasalah. Berikut beberapa rekomendasi bengkel tersebut.

Detail Produk

Kalau AC mobil bermasalah atau mati pasti bikin nggak nyaman terutama saat berkendara jauh. Ada banyak bengkel AC mobil recommended yang bisa kamu pilih untuk mengatasi AC mobil kamu yang bermasalah. 

Melakukan perawatan pada AC mobil sama pentingnya dengan perawatan mesin mobil untuk menjaga performa. 

Beberapa masalah yang sering dialami AC mobil adalah mobil jadi tidak dingin atau terdengar suara berisik yang berasal dari AC mobil. Paling parahnya adalah keluar aroma tidak sedap yang berasal dari AC mobil. 

Mau apapun merek mobilnya, baik yang paling mahal maupun yang paling murah, bila AC mobil tidak rutin dirawat maka permasalahan-permasalahan di atas mungkin saja terjadi.

Estimasi Biaya Service AC Mobil di Bengkel AC Mobil

Tidak semua biaya service AC di bengkel AC mobil sama. Biasanya, mobil keluaran Eropa membutuhkan biaya yang tidak sedikit dibandingkan mobil keluaran Jepang. 

Khusus di wilayah Jakarta saja, kamu yang memiliki mobil keluaran Jepang cukup merogoh kocek Rp300 ribuan untuk melakukan service AC mobil.

Sedangkan mobil keluaran Eropa membutuhkan biaya paling murah Rp1,2 juta hingga Rp4 juta. Estimasi biaya tersebut merupakan jasa service AC mobil paket di bengkel AC mobil

Perbedaan biaya service AC mobil ini disebabkan lantaran mobil keluaran Eropa memiliki sistem pendingin mobil yang terbilang lebih rumit dibandingkan mobil keluaran Jepang. 

Bahkan, diperlukan montir atau ahli bengkel AC mobil khusus untuk memperbaiki AC mobil buatan Eropa. 

Servis AC

Bukan hanya keterbatasan kemampuan montir bengkel saja, melainkan juga teknik dan alat yang dibutuhkan untuk service AC mobil buatan Eropa jauh lebih banyak.

Dikutip dari Rotary Bintaro, mereka memasang biaya service AC mobil mulai dari Rp300 ribu hingga Rp1,5 juta untuk satu paket service AC mobil.

Biaya tersebut sudah termasuk biaya penggantian spare part bila diperlukan. Untuk service AC mobil tingkat medium biasanya menghabiskan biaya Rp1 jutaan. 

Sementara itu, untuk service AC mobil dengan tingkat kesulitan maksimum bisa menghabiskan biaya mulai dari Rp1,5 jutaan. Biaya ini sudah termasuk flushing system dan penggantian oli kompresor.

Biaya memperbaiki komponen AC

Meskipun banyak jasa service AC mobil di bengkel AC mobil yang menyediakan layanan service dalam bentuk paket, namun kamu tetap bisa melakukan service AC mobil berdasarkan komponen-komponen yang kamu butuhkan saja. Berikut ini estimasi biaya service AC mobil untuk tiap-tiap komponen.

Freon

Service AC mobil pada freon.  Apabila kerusakan AC mobil hanya terletak pada freon yang bocor, maka kamu cukup mengeluarkan biaya Rp100 ribu hingga Rp400 ribu. Sedangkan untuk melakukan pengisian freon, biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp150 ribu hingga Rp350 ribu.

Mengatasi bau tidak sedap

Service AC mobil bila AC mengeluarkan aroma tidak sedap. Aroma yang tidak sedap yang keluar dari AC mobil biasanya disebabkan karena pengemudi atau penumpang merokok di dalam mobil atau makan di dalam mobil. 

Kabin mobil yang jarang dibersihkan juga menjadi faktor aroma tidak sedap yang keluar dari AC. Untuk melakukan pengecekan terhadap aroma yang tidak sedap ini membutuhkan biaya sekitar Rp200 ribuan. Apabila kamu ingin sekaligus membersihkan AC maka biaya yang diperlukan sekitar Rp100 ribu sampai Rp150 ribu.

AC mati

Service AC yang mati. Untuk melakukan pengecekan AC mobil yang mati kamu memerlukan biaya kurang lebih Rp200 ribu. Apabila kerusakan pada AC mobil diharuskan mengganti spare part, maka estimasi biaya yang dibutuhkan berkisar antara Rp300 ribu sampai Rp2 juta, tergantung dari harga spare part itu di bengkel AC mobil itu sendiri.

Servis rutin

Service AC rutin. Service AC mobil rutin mencakup perawatan akan kondensor, ganti oli, flushing, dan komponen piston. Untuk perawatan kondensornya saja memerlukan biaya sekitar Rp100 ribu sampai Rp200 ribu. Adapun untuk ganti oli, flushing dan komponen piston memakan biaya Rp300 ribu sampai Rp800 ribu.

Service AC mobil lainnya. Saat AC mobil kadang terasa dingin dan panas kamu bisa mengganti magnetic clutchnya dengan biaya Rp350 ribu sampai Rp600 ribu. Dan, untuk beberapa spare part kecil lainnya hanya memakan biaya sekitar Rp250 ribu sampai Rp850 ribu.

Bila kondisi AC mobil seperti ini, segera lakukan service AC mobil

Untuk menjadi tolok ukur kapan waktu yang tepat untuk melakukan service AC mobil di bengkel AC mobil, kamu bisa menandakannya dengan melihat jarak tempuh yang sudah ditempuh mobil. 

Umumnya, pada basic service, mobil dengan jarak tempuh 10 ribu kilometer sampai 20 ribu kilometer disarankan untuk segera melakukan service AC mobil. Atau, bisa juga dengan masa pemakaian mobil yang berusia 1 tahun, maka kamu juga disarankan untuk melakukan service AC mobil. 

Pengecualian pada beberapa kasus seperti mobil yang sering digunakan di daerah perkotaan dengan tingkat polusi yang cukup tinggi. Kamu disarankan untuk melakukan service AC mobil di bengkel AC mobil saat jarak tempuh telah mencapai 10 ribu kilometer.

Tingkatan service AC di bengkel AC mobil recommended

Kamu harus pahami terlebih dahulu tingkat atau bagian komponen pada AC mobil mana yang ternyata rusak dan perlu perbaikan. 

Berikut ini adalah beberapa kerusakan yang sering terjadi pada AC mobil yang sering digunakan di perkotaan, di antaranya:

  • Kerusakan dan kebocoran pada kompresor AC mobil.
  • Filter saringan AC mobil berdebu.
  • Terdengar suara di blower AC mobil.
  • Kerusakan pada magnetic clutch.
  • Kerusakan komponen evaporator.
  • Isi ulang freon dan oli kompresor.
  • Mengatasi aroma tidak sedap pada kabin mobil.
  • Mengganti beberapa spare part AC mobil.
  • Mengganti kompresor AC mobil.
  • Tune-up komponen AC mobil secara rutin.
  • Melakukan sterilisasi terhadap kabin mobil dari virus. 

Selain ada basic service, ada juga advance service. Advance service adalah service mobil berdasarkan tingkat kerusakan AC mobil. Tingkat kerusakan AC mobil tergolong menjadi tiga golongan.

·       Service AC mobil kecil

Service pada tingkat ini dilakukan setiap 3 sampai 6 bulan sekali atau setiap kelipatan 10 ribu kilometer jarak tempuhnya. Perawatan yang dilakukan saat melakukan service kecil adalah service blower, kondensor, dan mengganti filter kabin. Biaya yang dikeluarkan pun terbilang cukup murah.

·       Service AC mobil ringan

Pada tingkat service AC mobil ringan di bengkel AC mobil, disarankan untuk melakukannya rutin satu tahun sekali. Beberapa komponen yang dirawat meliputi service blower, kondensor, mengganti filter dryer, mengganti filter kabin, vacuum dan oli kompresor, serta freon.

·       Service AC mobil besar

Service AC mobil besar harus dilakukan rutin setiap dua tahun sekali. Beberapa komponen yang dirawat meliputi service evaporator, blower, kondensor, mengganti filter dryer, mengganti filter kabin, vacuum dan oli kompresor, serta mengisi freon kembali.

Tips pilih bengkel AC mobil recommended

Agar tidak mudah tertipu oleh beberapa oknum yang menawarkan jasa service AC mobil dengan harga yang cukup miring, kamu harus memperhatikan beberapa faktor, di antaranya.

Faktor mekanik yang disediakan bengkel AC mobil

Mekanik bengkel AC mobil yang ahli di bidang AC mobil biasanya langsung bisa mengatakan kerusakan bagian komponen mana yang terjadi pada AC mobil. 

Dengan kecepatan dalam menentukan kerusakan tersebut, proses service jadi lebih cepat. Selain itu juga mekanik andal mampu memperhitungkan penggunaan komponen AC mobil dengan baik.

Faktor area bengkel AC mobil

Banyak orang yang menyepelekan faktor ini, namun ternyata faktor ini juga cukup penting sebagai bahan pertimbangan kamu memilih bengkel AC mobil recommended. 

Cari bengkel AC mobil dengan area yang luas sehingga bengkel tersebut mampu menampung banyak mobil. 

Jika area cukup luas dan banyak mobil yang melakukan service di bengkel tersebut, maka sudah bisa dipastikan bahwa bengkel tersebut memiliki track record yang bagus dan profesional.

Faktor kelengkapan alat dan spare part

Faktor ketiga ini menjadi faktor kunci dan penting. Pilih bengkel AC mobil recommended yang memiliki spare part lengkap. Semakin lengkap spare part yang dimiliki bengkel AC mobil tentu memudahkan kamu memilih spare part yang sesuai dengan estimasi biaya yang sudah kamu persiapkan.

Faktor pelayanan

Umumnya, seluruh bengkel tentu akan memberikan pelayanan yang baik, pengerjaan cepat dan tepat, hingga pegawai yang ramah. Namun, disarankan mencari bengkel AC mobil yang mendengar apa keluhan kamu terhadap AC mobil.

Faktor transaksi

Di zaman teknologi yang semakin canggih dan maju, kebiasaan orang membayar secara cashless melalui aplikasi dompet digital semakin meningkat. 

Meskipun tidak mengharuskan, tapi tidak ada salahnya juga untuk memilih bengkel AC mobil yang tidak hanya menerima uang cash tetap bisa melalui debit, credit card, hingga dompet digital lainnya.